Marketing Funnel

5 Step Marketing Funnel

  1. Awareness
    Bahasa simplenya, bikin customer kalian tau dulu.
    Tau kalo brand / produk kamu baru, lebih unggul, lebih bagus, lebih sehat dll. Jangan langsung bilang ke customer buat nih beli, nih diskon yuk borongg. BIG NO NO.
    Jadi step pertama bikin dulu customer ini tau dan lebih kenal sama brand / produk kamu.
    Karena step yang pualing luas ato gede jangkauannya tapi kan goalnya disini bikin orang tau dulu, bukan langsung beli. Jadi kamu bisa bikin konten tentang strong point dari brand / produk kamu.
    Ditahap ini harus banget berkali kali share kasih tau ke customer tentang brand / produk kamu.
  2. Consideration
    Udah kenalan nih, baru deh di step kedua ini mereka mikir “Beli kagak yah? Cocok gak yah? Oke gak yah?”
    Customer udah mulai tertarik, mulai baca-baca lebih dalam tentang produk kamu.
    Sesuai gak nih sama yang dicari, sama kebutuhan, sama budget, dll.
    Untuk kontennya disini udah harus ada mengenai manfaat yang bakal didapetin.
    Dan karena di tahap ini lebih kecil dari pada awarness, jadi wajar dan realistis kalo dari 100 orang liat brand cuman 60 yang bakal tak action. Ini udah cukup, dan bisa di analisa untuk maju ke step selanjutnya.
  3. Conversion
    Kalau yang satu ini udah pada tau lah ya. Step paling bikin senym senyum sampe ke 7 bidadarii. Customer masukin belanjaan ke keranjang.
    Pupus spill lagi nih, ningkatin penjualan makin bagus kalo Customer Servicenya juga ok. No debat konversi auto makin naik.
  4. Loyalty
    Customer udah beli udah cukup. Kalo sampe punya mindsetnya sampe sini doang, yuk coba buang jauh jauh itu.
    Gak cukup beli aja, tapi gimana pertahanin customer biar loyal, biar beli lagi beli lagi beli lagi. Maintain relationship. Apalagi kalo si customer itu puas. Make sure ada produk lain atau promo lain yang bisa ditawarin ke customermu.
    Kan dah punya datanya tuh, bisa di wa di email ato di iklanin lagi jugak bisa.
  5. Advocacy
    Ujung tombak marketing gratis dan bisnis bakal makin naik naik ke puncak.
    Customer yang di maintain relationshipnya ini, apalagi puas dengan brand / produk kamu akan dengan sendirinya bakalan rekomendasiin produk ke temen-temennya.
    Emang butuh effort buanget sampe ke tahap ini, tapi ada solusinya jugak. Kamu bisa pakai metode kode refferal, member get member, beli berdua dapet diskon, dan lain lain. Sudah ada itu, jaminan customermu makin semangat buat repeat order lagi.

5 poin simple yang kudu banget kamu tau dan dipraktekin biar jualanmu makin bagus.
Gitu dulu ilmu yang bisa Pupus share.

Kalo masih bingung bisa tanya di email atau mentor.

Sayangku Padamu Selalu,

Bertumbuh adalah Platform Digital yang bergerak dalam bidang edukasi, konsultasi, dan pelatihan dalam bidang bisnis online untuk para pebisnis dan calon pebisnis online di Indonesia.
Chat Dengan Mentor